Catatan ide, perasaan, opini sepanjang hidupku

Banyak sekali peristiwa yg terjadi di hidupku. Hidup kita semua. Kalau didaftar satu-satu, tebal catatanku bisa melebihi novel mega hits Harry Potter karangan JK. Rowling. Atau sebaiknya aku buat novel saja? Siapa tau bisa mega hits juga, di cetak dengan berbagai macam bahasa. Ahh… enaknya mimpi di pagi hari ditemani perut lapar, ditambah sedang puasa ramadhan semakin nikmat berkhayal. Hehe…

Aku ingat kejadian yang merubah seluruh cara pandangku terhadap kenyataan. 6 tahun yang lalu di toko buku gramedia aku melihat serentetan buku di rak psikologi. Buku-buku punya kesamaan judul walau satu kata “bahagia”, “cara mudah untuk bahagia”, atau sejenisnya. Kata “bahagia” membuat mataku terpaku, pikiranku melayang sejenak, menggelitik hatiku dengan rasa tidak nyaman. Apakah aku sudah bahagia? Apakah aku sudah merasa bahagia? Pertanyaan yang sangat sulit aku jawab, walaupun pilihan jawaban hanya ‘Ya dan Tidak’. Tetapi sangat sulit aku putuskan menjawab ‘Ya’ dan ‘Tidak’.

Berhari-hari aku tidurku tidak nyenyak. Lebih dari sekali aku mimpi buruk. Mimpi yg masih aku ingat sampai sekarang adalah aku bermimpi tidak bisa membuka mata, aku tidak buta. Aku berusaha keras untuk membuka mata tapi kelopak mataku menolak untuk membuka. Aku ingat berlari ke kamar mandi, membasuh mukaku berkali-kali agar bisa membuka mata, usahaku gagal. Aku membuka mata dengan jariku, mataku memang terbuka tapi aku hanya warna hitam pekat yg bisa aku lihat. mpi itu terasa nyata.

Leave a Reply

