Inilah kenapa branding itu penting

image

BRAND DAN BRANDING PRODUK
Kita semua pasti sering mendengar kata branding kan ya. Bahasa lainnya image, kesan, dari produk atau jasa.
Branding berasal dari kata dasar brand yang artinya merek. Nah, branding membantu pengusaha menempatkan brand mereka di celah pasar yang dituju. Misal saja brand Victoria Secret, branding yang saya terima adalah produk lingerie, bikini, dan sejenisnya yang kualitasnya bagus dan mahal. Range harganya jauh diatas jangkauan saya, jadi otomatis saya tidak termasuk target pasar. Tetapi bagi para sosialita, Victoria Secret itu suatu tren fashion yang harus dimiliki, minimal satu. Sama juga dengan brand Hermes, Prada, dan sejenisnya.

image

        Hermes advertising campaign

Sangking pentingnya sebuah brand, di fakultas psikologi (sewaktu saya masih kuliah S1, sekarang sih menempuh pendidikan kehidupan), topik brand dan branding dibahas selama 1 semester lho. Brand dan branding sangat terkait dengan psikologi manusia. Brand tertentu menembak kelompok kepribadian tertentu. Misal saja brand Quick Silver, membuat produk untuk orang-orang yang punya kepribadian simpel, easy going, dan suka kegiatan pantai seperti surfing. Jadi iklan dan promosi pun bertema pantai. Agar orang-orang yang punya kepribadian “anak pantai” tertarik membeli produk-produk Quick Silver.

image

       Quicksilver advertising campaign

BRAND DAN BRANDING JASA
Tadi brand produk, bagaimana dengan brand jasa. Saya dan suami baru saja berdiskusi tentang brand jasa perbankan. Produk perbankan di semua bank sebagian besar sama dengan istilah yang berbeda-beda. Contoh saja jenis tabungan. Bank BNI ada produk tabungan taplus, di Bank BRI ada produk simpedes. Layanannya sama, sama-sama jasa menyimpan uang. Tetapi branding yang diciptakan berbeda dan target pasar bisa saja berbeda.

Menurut sudut pandang saya dan suami, branding yang tertanam di pikiran kami seperti ini:
– BNI adalah bank yang menyenangkan karena pelayanannya cepat, petugasnya tanggap situasi dan murah senyum. SOPnya tidak menyusahkan nasabah. Ini bank pilihan pertama kami berdua.
– Bank Mandiri adalah banknya para pengusaha yang butuh kemudahan transaksi online. Ini sesuai dengan iklan-iklan bank Mandiri di TV.
– BCA adalah banknya para pengusaha tiongkok kaya (maaf bukan bermaksud rasis), dan butuh kemudahan transaksi kapan pun dan dimana pun.
– BRI, sesuai namanya Bank Rakyat Indonesia, bank untuk rakyat dan cabangnya ada dimana-mana. Bahkan ada di dalam setiap pasar di Indonesia. Ada juga di pelosok-pelosok desa.

Bank lain saya kurang familiar karena tidak pernah bertransaksi dengan bank selain BNI, Mandiri, BCA, dan BRI.

image

        Logo-logo Bank di Indonesia

BRAND DAN BRANDING DIRI

image

        Sumber: http://  http://www.socialmediatoday.com/social-networks/2015-04-08/13-ways-use-facebook-personal-branding

Nah, ini yang paling penting dimiliki. Brand diri sendiri, bahasa mudahnya “kamu ingin dikenal sebagai siapa?” Kalimat lainnya “siapa kamu?”. Bahasa psikologinya, karakter atau kepribadian diri. Kepribadian itu bisa diartikan ciri khasmu yang membedakanmu dengan teman-temanmu.

Branding diri berarti kita memasarkan diri, bukan dalam arti negatif ya. Tapi memasarkan kemampuan dan keterampilan agar orang lain tertarik untuk menjalin relasi. Orang lain ini bisa berarti calon istri/suami, calon mertua, calon bos, calon anak buah, dan calon-calon lainnya.

TANDA BRANDING BERHASIL
Proses branding itu seperti proses komunikasi. Si pemilik brand punya pesan (brand/merek) yang disampaikan ke konsumen. Penyampaian bisa lewat event-event, iklan di TV, billboard, pamflet, badut di pinggir jalan yang bawa sepanduk, masih banyak yang lain.

Sebuah brand dikatakan sukses membranding jika pesan yang diinginkan sampai ke konsumen dengan sempurna dan muncul makna yang menyimpang. Tidak hanya sampai, konsumen mau memakai produk dan/atau jasa. Titik kesuksesan branding adalah ketika konsumen “coba-coba” (suka mencoba merek baru, ini saya banget) menjadi pelanggan tetap, yang mau melakukan pembelian ulang. Titik tertingginya ketika pelanggan tetap dan setia berhasil mengajak orang lain bahkan ratusan orang untuk memakai produk atau jasa itu.

Semarang, 20 Juni 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s