Penjelasan ilmiah manusia “bermuka dua”

Pernahkah kalian merasa malas banget memikirkan apapun? Termasuk memikirkan diri sendiri. Saya sering banget mengalami fenomena ini. Seharian rasanya ingin tiduran di kasur, bermalas-malasan sepanjang hari. Persis seperti pepatah di Itali “enjoy doing nothing”, menikmati tidak melakuan apa-apa. 

Bukan berarti saya tipe pemalas ya, saya tipe orang yang tidak bisa diam gerak dan mulut (baca: cerewet). Tetap saja dalam 1 bulan, ada masa dimana saya ingin menjadi diri saya lain. Menurut saya sangat wajar untuk diri sendiri, tetapi aneh untuk orang lain. 

Ini alasan logisnya

KEPRIBADIAN DINAMIS

sebagai mahluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, manusia diberi kebebasan untuk menggunakan akal dan pikiran, perasaan dan emosi, serta perilaku. Sangking bebasnya, satu orang bisa bereaksi, berpikir, dan beremosi bermacam-macam untuk kejadian yang sama hanya beda situasi tempat saja.

Contoh saja, kejadian melihat pria menggandeng wanita. 

Situasi 1, dia melihat remaja pria menggandeng wanita yang seumurannya dengan mesra. Reaksi biasa saja, lumrah jaman sekarang. 

Situasi 2, dia melihat pria yang sudah berumur renta menggandeng wanita seumurannya dengan mesra. Reaksi dia terharu, terenyuh, kagum dengan wujud cinta sejati. 

Memang kepribadian manusia, pria dan wanita sama lho, dinamis. Mudah berubah-ubah tergantung pada situasi, kondisi, dan peristiwa yang dihadapi. Semakin traumatis kejadian yang dialami semakin besar perubahan yang terjadi. 

Meskipun kepribadian dinamis, tetapi semua orang punya kepribadian inti atau watak yang hampir tidak mungkin berubah. Ini terbentuk di 5 tahun pertama kehidupan, usia 0-5tahun. 

ALAM SADAR DAN BAWAH SADAR

Dua istilah ini bisa dibilang favorit semua pecinta ilmu psikologi, terutama aliran psikodinamika. Secara teori, struktur kepribadian manusia terbagi menjadi 3, yaitu ego (alam sadar), superego (penengah), dan id (bawah sadar). Sering diibaratkan dengan gunung es. Alam sadar itu hanya secuil jika dibandingkan alam bawah sadar. 

Gampangnya seperti ini. Semua yang terjadi sejak tubuh manusia ditiupkan roh didalam kandungan sampai 5tahun pertama kehidupan masuk ke alam bawah sadar. Karena itu hampir tidak ada orang yang bisa mengingat kejadian di usia balita. 

Semua yang terjadi saat manusia bangun dan sadar terjadi di alam sadar. Orang berpikir, berperilaku, dan beremosi terjadi di alam sadar. Karena terjadi atas kesadaran sendiri. 

Superego itu penyekat antara keduanya (alam sadar dan bawah sadar), seperti klep di jantung yang membuka dan menutup. Dikenal juga sebagai kontrol moral manusia. 

Jika terkadang seseorang tiba-tiba merasa sedih, itu berarti “pintu” superego terbuka dan ada kenangan peristiwa yang terjadi di masa lalu dan tersimpan di alam bawah sadar naik ke alam sadar. Sering kali ini terjadi tanpa disadari. Lalu secara otomatis alam sadar berusaha memahami dan mencari penyebab rasa sedih. 

Sebaliknya jika seseorang ingin melupakan sesuatu, misal saja mantan, maka ingatan itu akan masuk ke alam bawah sadar dan tersimpan disana. 

TOPENG KEPRIBADIAN (PERSONA)

Setiap orang membutuhkan penerimaan dan pengakuan dari orang lain atau kelompok tertentu. Sehingga secara otomatis, manusia menseting dirinya untuk berkepribadian sesuai dengan harapan orang lain atau kelompok tertentu. Ini disebut topeng kepribadian atau persona. 

Persis seperti bersandiwara dan memerankan “tokoh”. Topeng kepribadian tidak selama berbeda 180derajat dengan kepribadian inti, ada kalanya berbeda sedikit sekali. Contoh: keribadian inti = ramah. Topeng kepribadian = ramah dan supel. 

Berbeda sedikit ataupun banyak, ada kalanya muncul rasa jenuh dengan “rutinitas kepribadian” yang sama terus menerus. Ada kalanya ingin menjadi sisi pribadi yang lain, yang terkadang belum diketahui orang-orang terdekat. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s