Trik Jitu Cepat Diterima kerja

Sampai sekarang masih banyak mahasiswa yang mau wisuda ataupun siswa SMA dan SMK,  yang bertanya ke saya “bagaimana cara cepat dapat pekerjaan?”. 

Cara cepat tentunya dengan mencari lowongan kerja dan melamar kerja. Mau pakai cara konvensional bisa, dengan liat iklan lowongan kerja di surat kabar setiap hari sabtu. Mau cara kekinian juga bisa, manfaatkan kecanggihan internet tentunya. 

Di sini saya akan membahas lowongan kerja kekinian, yang sudah teruji tingkat keberhasilannya. 

LINKEDIN

Logo linkedin.

Saya suka dengan linkedin karena disini tersebar banyak sekali lowongan kerja update, langsung dari HRD. Bahkan setiap hari ada lowongan kerja  yang tersedia. 

Saya akan membahas bagaimana cara memaksimalkan keberuntungan mendapatkan pekerjaan lewat Linkedin. 

PROFIL DIRI

Seperti media sosial lainnya, linkedin menyediakan halaman profil, yang bisa menggantikan Curicullum Vitae (CV). 

 profil saya

Profil yang baik adalah profil yang menggambarkan kekuatan dirimu. Jadi pilih foto yang paling bagus dan terlihat profesional. Kamu bisa foto sendiri, atau bisa difotokan teman, atau foto di studio foto. 

Buat status profil yang positif yang menunjukkan kelebihanmu. Profil di Linkedin bisa menggantikan kartu nama dan CV lho. Jadi buat yang sesuai dengan kelebihanmu. Pilih keterampilan-keterampilan terbaikmu. 

PILIH ‘JARINGAN’

Seperti facebook dan medsos lainnya, kita bisa mengundang orang lain untuk menjadi teman. Di linkedin, pilih jaringan orang-orang yang bekerja sebagai recruiter atau HRD. Secara berkala recruiter dan HRD akan mengupdate lowongan kerja di perusahaannya. Kamu tinggal mengkontak recruiter atau HRD dan bilang kamu tertarik dengan jabatan yang ditawarkan. Berikan link profil linkedinmu, agar recruiter atau HRD bisa menilai apakah kamu cocok sebagai kanditat karyawan atau bukan. 

Misal, ada perusahaan yang sudah kamu incar. Cari jaringan perusahaan itu dan kirim pertemanan dengan orang yang bertugas untuk recruitment. kirim profilmu atau CV dan katakan kamu ingin bekerja di perusahaan itu, dan katakan juga alasannya. Semakin kuat alasan yang kamu berikan, semakin besar kemungkinan kamu diundang wawancara atau seleksi. 

BERDOA

Sejitu dan selihai apapun kita mencari pekerjaan, tetap Tuhan yang menentukan takdir dan rejeki kita. Rajinlah berdoa dan beribadah tepat waktu, agar rejeki pekerjaan kita dapatkan tepat waktu juga. Kata kuncinya Tuhan tahu apa yang terbaik untuk umatnya, dan akan memberikan yang paling terbaik untuk umatnya yang paling taat. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s