Hari kedua sekolah online: Membuat title dan tagline

Hari ini hari kedua sekolah online, saya diberi tugas dan tantangan baru, yaitu membuat title (judul) dan tagline (slogan) untuk blog ini. 

Beberapa tahun yang lalu saya agak menyepelekan dua hal ini, jadi ya membuatnya asal-asalan. Dan ternyata dua hal itu penting untuk kelanjutan blog. Kenapa penting?

1. Title dan tagline mewakili diri, pikiran, ide, gagasan, dan passion kita. Bahasa marketingnya, ini bentuk branding identity. Siapa kita dan apa tujuan kita (tugas hari pertama) terlihat dari title dan tagline.

2. Title dan tagline secara otomatis menseleksi target pembaca setia. Title dan tagline selalu muncul di bagian atas dan terlihat besar. 

Jadi hari ini saya lumayan berfikir keras menentukan apa tagline yang cocok untuk http://www.kacamatapsikolog.wordpress.com. saya juga mencari informasi dan tips di website-website lain “cara membuat tagline yang tepat”. 

Untuk title sih dari awal saya sudah memakai “a friend for you” (teman untukmu), karena saya ingin menjadi teman virtual bagi kalian yang membutuhkan. 

Untuk tagline, saya mendapat beberapa tips dari wordpress.com

1. Hindari membuat tagline yang sama persis dengan alamat site.

2. Buat kalimat yang singkat dan menarik

3. Buat kalimat original

Sedangkan dari website lain memberikan tips:

1. Buat tagline yang menggambarkan manfaat yang akan didapat pembaca

2. Buat tagline yang menggambar unique value dari blog kita

Setelah berpikir dan meminta bimbingan Allah, saya memutuskan menggunakan tagline “Bersama Bertumbuh menjadi Lebih Baik”. Maksudnya saya ingin mengajak kalian para remaja untuk mengenali diri dan potensi diri, dan mulai merencanakan masa depan. Bertumbuh menjadi pribadi yang tangguh dan berani menghadapi tantangan hidup. 

Leave a Reply

