My passion in psychology

via Daily Prompt: Specific

Dari semua ilmu yang ada dan profesi yang tersedia, saya selalu tertarik dengan ilmu psikologi. Bahkan sejak SMA kelas 3, karena itu saya langsung memilih jurusan psikologi (dulu masih progam studi kedokteran, sekarang sudah menjadi fakultas) di ujian masuk bersama perguruan tinggi.

Menurut saya psikologi itu ilmu paling dasar yang bisa menjelaskan penyebab dibalik peristiwa. Dengan ilmu psikologi, saya bisa memahami kenapa si A begitu sedangkan si B begitu. Kenapa kejadian ini bisa terjadi, dan lain sebagainya. Ditunjang dengan kepribadian saya yang senang menganalisa dan memikirkan semua hal. Ilmu psikologi terasa cocok sekali untuk saya.

Ilmu psikologi punya 5 cabang utama: sosial, klinis, pendidikan, perkembangan, dan PIO. Dari kelima cabang itu, jiwa saya terpanggil untuk mendalami psikologi pendidikan. Alasan sederhana, saya ingin berbagi ilmu ini dengan banyak orang. Saya merasa dengan menjadi psikolog pendidikan, saya bisa membagi ilmu ke banyak orang.

 

Leave a Reply

