Sekolah online hari keempat: Remaja Galau

Hari ini hari keempat sekolah online di blogging university. Tugas hari ini membuat tulisan tentang “siapa yang kamu inginkan jadi pembaca blogmu”.

Melalui blog ini saya mendedikasikan tulisan-tulisan saya untuk remaja-remaja galau yang aktif browsing.

Galau adalah bahasa slank Indonesia yang artinya kacau pikiran dan perasaan. Bahasa bakunya resah dan gelisah.

Kenapa harus remaja galau?

Saya pernah remaja, dan di masa itu ada banyak sekali peristiwa yang sulit saya pahami. Contoh saja, saya sering dimarahi orangtua, seakan-akan semua yang saya lakukan itu salah. saya sering merasa orangtua tidak pernah memahami saya. Saya seakan menjadi anak yang dibenci orangtua. Saya tidak paham sama sekali dengan aturan dan perilaku orangtua. Ini yang membuat saya tidak betah berada di rumah. Jadilah saya mencari “pelarian” dengan banyak aktivitas di sekolah. Seiring waktu saya berubah menjadi orang yang pendiam dan tempramental.

Kemudian saya menemukan ilmu psikologi, alasan utama saya kuliah di jurusan psikologi adalah “rawat jalan”. Iya, rawat jalan, saya ingin menyembuhkan semua kekecewaan, rasa sedih, marah ke orangtua. Saya ingin memahami kenapa saya menjadi tempramental, mudah marah, dan pendiam. Saya ingin tahu kenapa orangtua saya memperlakukan saya seperti itu. 

Selama 4 tahun belajar psikologi di S1 undip ditambah 3 tahun belajar psikologi profesi di Unika Soegijapranata. Saya menyatakan diri saya sembuh dari semua rasa galau. Saya menemukan karakter asli diri saya dan saya menemukan karier yang ingin saya tekuni. 

Saya yakin ada banyak remaja yang mengalami hal yang sama, dan sulit memahami semua hal yang terjadi dihidupnya. Sulit menemukan karakter asli, sulit menjawab “siapa aku?”, masih mencari-cari jatidiri. 

Foto saya bersama remaja-remaja galau dengan pertanyaan “karakterku asli seperti apa?”

Saya ingin membantu banyak remaja galau diluar sana memahami dirinya sendiri, memahami peristiwa yang terjadi dihidupnya, dan menemukan karakter asli mereka. Tentu saja membantu remaja merencakan masa depan, termasuk memilih fakultas dan karier. 

Kesimpulannya adalah target pembaca blog saya adalah remaja-remaja galau. 

Catatan tambahan: saya menerima konsultasi via WA mulai dari jam 10 pagi – 7 malam. 

Salam sayang

A friend for you

Leave a Reply

