Harus dan Wajib kuliah di perguruan tinggi negeri

Pokoknya harus dan wajib kuliah di perguruan tinggi negeri” 

Itu kata beberapa remaja yang datang ke saya untuk merencanakan kariernya. Mereka serius dan sangat niat mengikuti bimbel dari yang murah sampai yang harga selangit. Terutama bimbel yang memiliki jargon:

Dijamin 100% lolos ke PTN favorit. Jaminan uang kembali. 

Saya penasaran apa yang membuat remaja-remaja ini harus dan wajib masuk ke PTN. Hasil diskusi dengan remaja-remaja ini, saya mengambil kesimpulan alasan mereka:

1. Ekonomi

Saya bukan mau membahas fakultas ekonomi. Tetapi masalah ekonomi (baca: keuangan keluarga). Memang dari dulu kuliah di perguruan tinggi negeri terkenal murah dan berkualitas. Tentu saja ada perguruan tinggi swasta (PTS) ada yang jauh lebih murah dari PTN. Ada juga PTS yang berkualitas dengan biaya tinggi.

Beda yang paling mencolok dari PTN dan PTS di masalah ekonomi adalah bantuan dana pemerintah. Dengan kata lain mahasiswa yang kuliah di PTN mendapat subsidi biaya kuliah. Penjelasan perbedaan bantuan dana pemerintah dapat dibaca di http://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2014/01/bantuan-pemerintah-untuk-ptn-dan-pts-sesuai-dengan-amanat-uu-2053-2053-2053.

Penyelenggaraan dan pengelolaan perguruan tinggi terkait dengan pendanaan dan lain-lain telah diatur dalam Undang-undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Berdasarkan amanat UU tersebut, maka bantuan dana yang diberikan pemerintah terhadap perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) tidak sama.

Sekretaris Ditjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud, Patdono mengatakan, sesuai amanat UU Nomor 12 tahun 2012, pemerintah tidak berkewajiban memberikan biaya operasional untuk perguruan tinggi swasta serta membayar gaji dosen dan tenaga kependidikannya. Karena itulah maka jumlah bantuan yang diberikan pemerintah kepada PTS dan PTN berbeda.

2. Prestise

Kuliah di PTN itu suatu kebanggaan yang luar biasa, terutama untuk orangtua. Apalagi kalau bisa kuliah di salah satu 3 top PTN Indonesia: UI, UGM, Undip. Akibatnya muncul doktrin “cuma orang pintar yang bisa kuliah di PTN”. 

Ada satu mahasiswa yang pernah curhat ke saya, dia sebentar lagi wisuda di PTS. Dia sedih mendengar komentar orangtuanya ketika dia memberikan undangan wisuda. Kurang lebih seperti ini komentar orangtuanya “kalau km wisuda di PTN sih bapak dan ibu mau datang”. Meskipun orangtuanya bicara dengan nada bercanda sekalipun, tetap terdengar menyakitkan buat mahasiswa ini. 

3. Mudah diterima kerja

Ada satu remaja yang datang ke saya dan dia meminta pendapat saya. Dia kuliah di PTS dan ingin pindah ke PTN dengan ikut ujian masuk bersama PTN. Saya tanya ke dia kenapa ingin pindah ke PTN? Apa di PTS ada masalah dan kendala? Jawaban remaja ini: “kalau saya tetap kuliah di PTS nanti susah dapat kerja. Sekarang perusahaan lebih menerima mahasiswa dari PTN”.

Saya rasa itu hanya isu, meskipun ada perusahaan tertentu yang lebih suka lulusan dari universitas X. Bukan karena universitasnya ya, tapi karena alumni yang bekerja di sana punya prestasi kerja yang bagus. Jadilah muncul kesimpulan lulusan dari universitas X sudah pasti bagus kerjanya. 

Tetapi perusahaan-perusahaan tetap membuka diri untuk lulusan PTN dan PTS manapun. Perusahaan lebih butuh hardskill dan softskill yang berkualitas daripada status lulus PTS atau PTN tertentu. 

Kesimpulannya

Menurut saya kuliah di PTN atau PTS manapun tidak masalah, selama kalian belajar giat. Belajar bukan sekedar untuk dapat nilai bagus, tapi untuk memahami ilmu. Jadi ilmu itu bisa diterapkan di lapangan dan bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. 

Jauh lebih penting remaja-remaja merencanakan karier dengan memilih fakultas yang bisa membantu mereka memahami ilmu yang ingin ditekuni. Serta memilih universitas yang memberikan fasilitas dan sarana yang menunjang pelatihan keterampilan softskill dan hardskill. 

SALAM PROFESIONAL

Fauzia C Anggraini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s