Ibu rumah tangga jadi karier?

Beberapa hari ini saya mengikuti pelatihan online di Institute Ibu Profesional. Sebuah instutite yang mengajak ibu-ibu untuk bangga menjadi ibu rumah tangga yang cerdas dan hebat. Bisa dibilang institute ini ingin mensetarakan pekerjaan ibu rumah tangga dengan pekerjaan-pekerjaan lainnya di luar sana. 

Saya sangat setuju menaikkan derajat ibu rumah tangga menjadi salah satu pilihan karier. Kenapa? Karena ibu rumah tangga adalah pekerjaan 24jam sehari 7 hari seminggu, tanpa hari libur dan tidak ada jatah cuti. Secara gaji memang tidak diberikan secara resmi dari payroll, tetapi dari nafkah suami, dan kepastian dibayar dengan pahala berlimpah. Tetapi bukan berarti saya memandang sebelah mata ke ibu berkarier ya. Saya sendiri berkarier sebagai psikolog. 

Saya ingat ketika saya mengadakan workshop tentang pilihan karier, saya meminta peserta menuliskan pilihan karier yang diinginkan. Ada seorang peserta yang terlihat kebingungan, dia belum tahu karier yang diinginkan. Saya asal menyeletuk “kalau bingung, tulis ibu rumah tangga juga boleh”. Ternyata peserta tadi menuliskan ibu rumah tangga. 

Saya lebih senang ketika seorang wanita memilih berkarier sebagai ibu rumah tangga dengan penuh kebanggaan, seperti halnya ketika diterima di perusahaan ternama. Karier ibu rumah tangga itu bukan pilihan terakhir, bukan juga pilihan penyelamat ketika wanita tidak kunjung dapat kerja di perusahaan. 

Seperti halnya pilihan karier yang lain. Karier ibu rumah tangga membutuhkan dedikasi dan passion, serta kesabaran tiada batas. Jadi buat remaja yang punya cita-cita menjadi ibu rumah tangga. Banggalah dengan pilihan karier kalian. 

Salam profesional

Fauzia C Anggraini, Psikolog

Leave a Reply

